Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Wednesday, September 2, 2020

Nama Jenis dan Ciri-ciri Dapur Keris Lurus


Jenis keris yang memiliki bilah lurus atau lajer diantaranya yaitu dapur Betok, Brojol, Jalak, Karna Tinanding, Pudak Sategal, Putut Kembar, Sempaner, Sujen Ampel dan Tilam Sari maupun Tilam Upih. Berikut merupakan panjabaran atau penjelasan dari nama jenis dapur keris lurus serta ricikan atau ciri-cirinya.

Sebelum membaca lebih jauh, alangkah baiknya mengerti dan memahami lebih dulu nama-nama bagian-bagian ricikan keris, sehingga dapat lebih mudah memahami artikel ini. Silahkan baca di: Struktur dan Nama Bagian-bagian Keris.

DAFTAR NAMA JENIS DAPUR KERIS LURUS BESERTA CIRI-CIRINYA

1. Keris Lurus Bango Dolog
Bango Dolog merupakan dapur keris lurus, bilahnya tebal sebelah, memiliki wadidang. Ricikan lainnya, yaitu kembang kacang, jalen, dan lambe gajah.

2. Keris Lurus Betok
Betok merupakan nama salah satu dapur keris lurus, yang bilahnya lebih lebar dan lebih pendek dibandingkan bilah keris lainnya. Ricikannya yaitu gandik polos dan agak panjang, serta memiliki pejetan dangkal, tikel alisnya juga pendek. Betok biasanya merupakan keris yang umurnya tua atau kuno.

3. Keris Lurus Brojol
Brojol merupakan nama salah satu dapur keris lurus, badan bilahnya ramping dan panjang. Sebenarnya terdapat dua versi keris Brojol, yaitu sebagai berikut:

keris lurus lajer brojol sepuh
Keris Lajer Brojol
a. Brojol Versi Pertama
Bilah pendek lebar tipis, gandik polos tipis, pejetan dangkal dan samar-samar, kadang memakai ganja iras, dan tanpa ricikan lainnya. Umumnya pamornya sederhana. Biasanya versi ini merupakan keris tua.

b. Brojol Versi Kedua
Bilahnya sedang dan lurus, gandik polos, pakai pejetan tanpa ricikan lainnya. Versi ini biasanya Brojol yang memiliki usia lebih muda, dan dengan pamor-pamor yang beraneka ragam.

4. Keris Lurus Cadong
Cadong merupakan salah satu jenis dapur keris lurus, bilahnya normal. Memiliki rcikan yang hampir komplit, yaitu kembang kacang, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, greneng, tingil dan dua buah pudak sategal.

5. Keris Lurus Cengkrong
Cengkrong merupakan salah satu jenis dapur keris lurus, dengan bilah sedang posisi agak membungkuk, bagian gandik justru terletak di belakang dan panjangnya sampai lebih dari setengah bilah, dan tanpa ricikan apa-apa. Selain lurus, beberapa jenis dapur cengkrong ada yang luk 3, 5, 7, dimana luknya terletak di ujung bilah keris. Cengkrong dulu banyak dimiliki oleh alim ulama dan spiritualis.

6. Keris Lurus Condong Campur
Condong Campur merupakan salah satu macam dapur keris lurus, dimana panjang bilah sedang dengan ricikan kembang kacang, jalen, lambe gajah dua, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap (ada yang mengatakan hanya satu di depan) dan panjang sogokannya sampai ujung bilah, serta selain itu juga terdapat sraweyan, greneng, dan kruwingan. [Ada yang luk 7]

7. Keris Lurus Cundrik
Cundrik merupakan nama salah satu dapur keris lurus, berukuran kecil sampai sedang, bisa hanya sekitar sejengkal. Bilah umumnya agak tebal dan membungkuk, gandik lugas dan justru terletak di belakang (seperti dapur Cengkrong) berukuran panjang, serta adanya sraweyan, greneng, dan terdapat kruwingan yang jelas dan tegas. [Ada yang luk 5]

8. Keris Lurus Dungkul
Dungkul atau Wungkul atau Bungkul, merupakan nama salah satu dapur keris lurus, bilah sedang, memiliki dua buah gandik agak panjang dan juga dua buah pejetan, selain itu ricikan lainnya yaitu terdapatnya sogokan depan dan sogokan belakang. Ciri khususnya, yaitu memiliki ganja dhungkul atau ganja yang bentuknya seperti huruf ‘W’ terbalik.

9. Keris Lurus Duduk Waru
Duduk Waru merupakan jenis salah satu dapur keris lurus, badan bilah sederhana. Ricikannya, gandik ukir dengan bentuk laler mengeng, serta pejetan dan tikel alis. [Ada yang luk 3]

10. Keris Lurus Eling Pati
Eling Pati merupakan jenis salah satu dapur keris lurus, badan bilah standar dengan ricikan berupa kembang kacang pogog, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap dan panjangnya hingga lebih dari setengah bilah, serta memiliki greneng dengan ron-dha nunut.

11. Keris Lurus Gumbeng

Gumbeng merupakan jenis salah satu dapur keris lurus, badan bilah lumayan pendek. Ricikan sederhana, hanya ada gandik lugas dan agak panjang, serta tikel alis.

12. Keris Lurus Jaga Upa
Jaga Upa merupakan jenis salah satu dapur keris lurus, bilahnya normal. Ricikannya, memiliki gandik polos, pejetan, dan sogokan depan-belakang yang pendek.

13. Keris Lurus Jaka Lola
Jaka Lola merupakan jenis salah satu dapur keris lurus, bilahnya normal. Ricikannya yaitu gandik lugas atau polos, memiliki sogokan yang hanya ada satu di depan, serta greneng sederhana (ada yang bilang tidak perlu memiliki greneng).

14. Keris Lurus Jaka Tuwa
Jaka Tuwa atau Jaka Supa, merupakan nama salah satu dapur keris, panjang bilahnya sedang lurus, gandik polos, pakai tikel alis, sogokan rangkap tapi pendek, ricikan lain tidak ada. Panjang sogokan hanya separuh dari ukuran sogokan normal.
 
Keris Lurus Jalak
Nomor 15-29, lebih lanjut lihat di: Macam Dapur Keris Jalak.
  
30. Keris Lurus Jamang Murub
Jamang Murub merupakan keris dapur lurus, panjang bilah sedang. Bentuknya khas karena gandik polos memakai kembang kacang pogog berbentuk cula, memakai pejetan, tikel alis, sogokan rangkap berukuran pendek. Di kanan-kiri ujung sogokan terdapat semacam duri. Selain itu, memakai lis-lisan dan gusen, dan serta ada-ada cukup jelas.

31. Keris Lurus Joan Mangan Kala
Joan Mangan Kala merupakan keris dapur lurus, dengan gandik polos dan ukir, memakai pejetan, tikel alis, sogokan rangka, serta greneng bersusun. [Ada juga yang luk 13]

32. Keris Lurus Kala Data
Kala Data merupakan jenis dapur keris lurus, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, serta greneng susun.

33. Keris Lurus Kala Misani
Kala Misani merupakan jenis dapur keris lurus, memakai kembang kacang, jalen, dua lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, dan sraweyan, serta greneng susun.

34. Keris Lurus Kala Munyeng

Kala Munyeng merupakan jenis dapur keris lurus, bergandik polos, memakai pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, dan tingil. Sogokan belakang panjangnya hingga sampai ke ujung bilah.

35. Keris Lurus Kala Nadah
Kala Nadah merupakan jenis dapur keris lurus, memakai kembang kaccang, lambe gajah, memakai pejetan, tikel alis, dan greneng. [Ada yang luk 5]

36. Keris Lurus Kanda Basuki
Kanda Basuki merupakan keris dapur lurus, ukuran bilah sedang, memakai kembang kacang, jalen, satu lambe gajah, serta sraweyan dan greneng lengkap. Juga kadang memakai jalu memet.

37. Keris Lurus Karna Tinanding
Karna Tinanding merupakan nama salah satu keris dapur lurus, dengan ukuran bilah sedang. Keris ini memiliki bilah yang simetris; memakai dua kembang kacang, dua jalen, empat lambe gajah, dua pejetan, dua tikel alis, sogokan rangkap, memakai greneng di kanan dan di kiri, serta memakai dua pudah sategal dan dua kruwingan.
 
Keris Lurus Kebo
Nomor 38-43, lebih lanjut lihat di: Macam Dapur Keris Kebo.

44. Keris Lurus Kelap Lintah
Kelap Lintah merupakan salah satu keris dapur lurus, ukurannya sedang, memiliki gandik polos, pejetan, dan tikel alis; tanpa ricikan lainnya. Ganja bentuknya kelap lintah, biasanya ganja iras.

45. Keris Lurus Kikik
Kikik Lurus merupakan salah satu dapur keris lurus, yang panjang bilahnya berukuran sedang. Ricikannya yaitu, terdapat pejetan, sraweyan, dan greneng. Gandik keris diukir dengan bentuk anjing atau serigala sedang melolong, dengan kaki depan tegak sementara kaki belakang ditekuk. Kadang juga memakai kruwingan. Mamakai gusen dan ada-ada tebal nyata. Ada masyarakat yang menyebutnya dapur Gana Kikik. [Ada yang luk 3, 5, 7, 9]

46. Keris Lurus Laler Mengeng
Laler Mengeng merupakan nama salah satu keris dapur lurus yang memiliki bilah ukuran sedang, gandik lugas panjang dan berukir, mempunyai kembang kacang, pejetan, tikel alis, dan sraweyan. Bentuk kembang kacang justru terbalik dan tidak terlalu menonjol keluar. [Ada yang luk 5]

47. Keris Lurus Lar Bango
Lar Bango merupakan nama keris dapur lurus, dimana ukuran panjang bilah sedang dan pipih, memakai kembang kacang (biasanya kecil), pejetan, tikel alis dan tingil.

48. Keris Lurus Lar Ngatap
Lar Ngatap disebut juga sebagai Lar Ngantap, merupakan salah satu keris dapur lurus yang memiliki bentuk agak aneh. Ricikannya yaitu gandik polos, dan memiliki sogokan rangkap memanjang hingga pucuk bilah. Sementara, pejetan, tikel alis, dan sraweyan menyatu dengan kruwingan.

49. Keris Lurus Mangkurat
Mangkurat merupakan nama salah satu keris dapur lurus, yang ukuran bilah sedang, gandik memakai kembang kacang tipe pogog dengan jenggot, memakai jalen, dan dua lambe gajah. Ricikan lainnya yaitu terdapat pejetan, tikel alis, memakai sogokan rangkap, dan greneng.

50. Keris Lurus Marak
Marak atau kadang disbut Merak, merupakan nama jenis salah satu keris dapur lurus berukuran sedang, gandik polos, memakai pejetan, tikel alis, dan sogokan hanya ada satu di depan, serta memakai greneng lengkap.

51. Keris Lurus Maraseba

Mara Seba adalah salah satu keris dapur lurus ukuran sedang, dimana memiliki gandik polos, sogokan rangkap, dan greneng. Sogokan rangkap ukuran normal tetapi bagian janurnya tebal, sehingga jarak sogokan depan dan belakang terkesan jauh.

52. Keris Lurus Mayat

Mayat Miring (baca: Moyot) merupakan keris dapur lurus berukuran sedang, bagian gandik polos, memakai pejetan, sogokan hanya ada datu di belakang, dan sraweyan, serta kadang memakai kruwingan. Bila posisi bilah membungkuk karena ganja yang membungkuk maka disebut dapur Mayat Miring.

53. Keris Lurus Mendarang
Mendarang atau Mundaran, merupakan keris dapur lurus berukuran sedang. Ricikannya yaitu, memakai kembang kacang jenis pogog, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, serta greneng lengkap.

54. Keris Lurus Mesem
Mesem adalah keris dapur lurus dengan panjang bilah sedang, memakai kembang kacang, jalen, dan dua lambe gajah. Ricikan lainnya yaitu, memakai pejetan, tikel alis, sraweyan, dan greneng.

55. Keris Lurus Naga Siluman
Naga Siluman adalah salah satu keris dapur lurus, dimana bagian gandik diukir dengan kepala naga sementara seluruh badan naga yang berada di bilah menghilang tidak terlihat. Ricikan lainnya yatu, terdapat tikel alis, sraweyan, dan greneng. Kadang memakai kruwingan, kadang tidak.

56. Keris Lurus Naga Tapa
Naga Tapa atau Naga Pasa, merupakan salah satu keris dapur lurus dengan bilah sedang. Gandik diukir kepala naga sedangkan badan naga memanjang lurus sampai pucuk bilah. Selain itu, terdapat ricikan berupa sraweyan dan greneng, serta dua buah kruwingan. Biasanya memakai greneng lengkap. Disebut Naga Tapa atau Naga Pasa karena badan naga lurus seperti diam tidak berluk (seperti berjalan).

57. Keris Lurus Pandan Sarawa
Panjianom atau Panji Nom yaitu nama salah satu dapur keris lurus, yang memiliki gandik polos, dua buah pejetan dan dua buah tikel alis, memakai sogokan rangkap. Selain itu, sraweyan, greneng bersusun, dan dua buah kruwingan.

58. Keris Lurus Panji Anom
Panjianom atau Panji Nom, merupakan jenis salah satu dapur keris lurus, yang bilah berukuran sedang dan terkesan agak membungkuk. Gandik polos, memakai pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, dan greneng.

59. Keris Lurus Panji Penganten
Panji Penganten merupakan nama salah satu dapur keris lurus, memiliki ricikan yang unik yaitu, gandik diukir dua buah laler mengeng yang saling beradu atas-bawah. Selain itu, terdapat pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, dan greneng, serta memiliki dua kruwingan.

60. Keris Lurus Pasopati
Pasopati merupakan nama salah satu dapur keris lurus, ukuran bilahnya sedang dan menampilkan kesan ramping, ricikannya yaitu memakai kembang kacang pogog, jalen, lambe gajah satu, pejetan, tikel alis, sogokan dua ukuran normal, sraweyan dan gereneng ri-pandan. Kadangkala Pasopati juga memakai kruwingan, gusen, atau lis-lisan. Nama Pasopati ini berlainan dengan senjata pusaka milik Arjuna.

61. Keris Lurus Pinarak
Pinarak merupakan jenis salah satu keris dapur lurus, bilah sedang dengan posisi agak membungkuk, gandik polos tapi cekung ke dalam. Ricikan lainnya yaitu, memiliki pejetan, dan sogokan rangkap.

62. Keris Lurus Pudak Sategal

Pudak Sategal merupakan keris dapur lurus dengan ricikan berupa gandik polos, memakai pejetan, tikel alis, dan dua buah pudak sategal. Nama Pudak Sategal sering digunakan sebagai akhiran keris-keris (baru atau luar pakem) lainnya yang memakai dua buah pudak sategal, seperti Singo Barong Pudak Sategal, atau Jalak Pudak Sategal, atau Naga Siluman Pudak Sategal. [Luk bisa bermacam-macam]

63. Keris Lurus Pulang Geni
Pulanggeni merupakan keris lurus berbadan bilah ngimpa, yang memiliki gandik polos, pejetan, tikel alis, dan dua buah tingil bentuk ri-pandan susun. [Ada yang luk 5]

64. Keris Lurus Putut
Putut yaitu nama dari keris dapur lurus, yang ukuran panjang bilah agak pendek dan lebar, gandik diukir seperti manusia duduk, serta kadang memakai tikel alis. Jika pada bagian sraweyan juga berubah menjadi gandik yang diukir juga dengan manusia, maka disebut sebagai Putut Kembar. Putut Kembar ada yang masih menyebut sebagai keris Umyang atau Ohm Hyang, walaupun ini salah kaprah.

65. Keris Lurus Regol
Regol yaitu nama salah satu keris dapur lurus, panjang bilah sedang, mempunyai dua buah gandik di depan dan di belakang, pejetan dan kruwingan masing-masing dua (di depan dan di belakang) Bilah biasanya tidak begitu condong kedepan melainkan cenderung tegak.  Keris ini mempunyai bentuk ganja yang khas, serta bagian pejetan bersambungan dengan kruwingan.

66. Keris Lurus Ron Teki
Ron Teki merupakan salah satu dapur keris lurus, panjang bilah sedang dengan gandik panjang, memakai kembang kacang pogog, jalen, dua lambe gajah. Selain itu memakai pejetan, dan sogokan rangkap.

67. Keris Lurus Sampur
Sampur merupakan salah satu nama dari dapur keris lurus, ukuran panjang bilah sedang, memakai kembang kacang dengan jenggot, jalen, dua lambe gajah, pejetan, sogokan rangkap, serta greneng susun dan dua buah pudak sategal. Ada yang menamakan juga sebagai dapur Sinom Pudak Sategal.

68. Keris Lurus Sardula Mangsah
Sardula Mangsah merupakan jenis dapur lurus, memakai kembang kacang pogog berjenggot, jalen, dan dua lambe gajah. Ricikan lainnya yaitu, tikel alis, sogokan rangkap, dan sraweyan, serta memakai pudak sategal kanan dan kiri bersusun-susun, dan kadang juga memakai greneng. Selain itu, di atas sogokan normal ada semacam sogokan sempit sampai ke ujung bilah.

69. Keris Lurus Semar Mendem
Semar Mendem merupakan nama salah satu dapur keris lurus; pada bagian gandik memiliki lubang kecil, serta hanya terdapat ricikan berupa tikel alis.

70. Keris Lurus Semar Bethak
Semar Betak atau Semar Pethak atau Semar Putih, merupakan nama salah satu dapur keris lurus; bilah keris pendek dan lebar. Pada bagian gandik, pertama ada yang mengatakan diukir bentuk kepala gajah, kedua ada yang mengatakan diukir bentuk Semar, ketiga ada juga yang mengatakan bergandik polos namun berlubang di bagian agak bawah. Ada yang mengatakan memakai greneng dan ada yang yang mengatakan tidak bergreneng.

71. Keris Lurus Semar Tinandu
Semar Tinandu merupakan keris lurus ukuran bilah tergolong pendek tipis tapi lebar dan menampilkan kesan gendut. Gandik tergolong tipis dan pejetan dangkal. Keris ini memakai kembang kacang bersusun dua, memakai sogokan dua ukuran normal. Sementara, ada yang mengatakan bahwa, Semar Tinandu memiliki ricikan yaitu, hanya sebuah kembang kacang, dua lambe gajah, sebuah pejetan, serta terdapat sogokan rangkap yang panjangnya sampai ujung bilah.

72. Keris Lurus Sempaner
Sempaner atau Sepaner atau Sempana Bener atau Sumpono Bener atau Sempana Lajer atau Sumpono Lajer, merupakan nama salah satu dapur keris lurus, bilah sedang, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, tikel alis dan greneng ri-pandan. Keris ini tergolong populer dan banyak jumlahnya.

73. Keris Lurus Sepang
Sepang merupakan nama salah satu dapur keris lurus, panjang bilah sedang. Keris Sepang terdapat atau terbagi menjadi dua versi penafsiran atau pendapat. Pendapat pertama, memakai kembang, dan tanpa ricikan lainnya. Pendapat kedua, menyatakan dapur Sepang bilahnya simetris, dan hanya kadang memakai greneng atau tingil di kanan-kiri.

74. Keris Lurus Sigar Jantung
Sigar Jantung merupakan nama salah satu dapur keris lurus, bilah pendek lebar dan rata. Gandik tipis, pejetan sempit, serta biasanya memakai ganja iras. Bagian tengah bilah bentuknya seperti jantung pisang.

75. Keris Lurus Sineba
Sineba merupakan jenis salah satu dapur keris lurus, dengan gandik polos, pejetan depan dan belakang (yang belakang lebih panjang), tikel alis, sogokan rangkap, sraweyann hanya kecil, dan memakai greneng.

76. Keris Lurus Sinom
Sinom merupakan nama salah satu dapur keris lurus, panjang bilah sedang, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, greneng, dan tingil ri-pandan. Jika kembang kacang berjenggot, dan memakai greneng susun maka disebut Sinom Robyong. Jika badan bilah memakai kruwingan gusen kiri-kanan maka disebut Sinom Wora-wari.

77. Keris Lurus Sujen Ampel
Sujen Ampel merupakan nama salah satu dapur keris lurus yang panjang bilahnya sedang tetapi agak tebal. Selain itu, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, pejetan dan ri pandan.

78. Keris Lurus Surapati
Surapati merupakan nama salah satu dapur keris lurus, memakai kembang kacang pogog, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, satu sogokan di depan yang panjangnya sampai setengah bilah, dan sraweyan, serta greneng.

79. Keris Lurus Tebu Seuyun
Tebu Seuyun merupakan jenis salah satu dapur keris lurus, gandik memakai kembang kacang (kadang pogog), jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, dan greneng. [Ada yang luk 7]

80. Keris Lurus Tilam Sari
Tilam Sari merupakan keris lurus dengan ricikan yaitu gandik polos, pejetan, tikel alis, dan sraweyan. Namun, ada yang berpendapat Tilam Sari memiliki ricikan gandik polos, pejetan, kruwingan, dan kadang ber-greneng.

81. Keris Lurus Tilam Upih
Tilam Upih atau Tilam Petak atau Tilam Putih, merupakan keris lurus dengan ukuran bilah sedang, gandiknya polos, pejetan dan tikel alis; tanpa ricikan lain.

82. Keris Lurus Tumenggung
Tumenggung merupakan salah satu dapur keris lurus, memakai kembang kacang (kadang ada juga yang pogog), jalen, lambe gajah, tikel alis, satu sogokan di depan, serta greneng dan tingil.

83. Keris Lurus Yuyu Rumpung
Yuyu Rumpung adalah salah satu dapur keris lurus, yang memiliki bilah berukuran sedang, gandik polos, dan hanya memakai pejetan dan sraweyan. Bilah agak membungkuk dengan ganja kelap lintah.

Thanks for reading Nama Jenis dan Ciri-ciri Dapur Keris Lurus.

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.