Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Monday, September 14, 2020

Lima Tombak Jawa yang Memiliki Bentuk Unik


Nama atau jenis tombak yang tidak memiliki bentuk unik diantaranya yaitu Banyak Angrem, Dwisula, Gunungan, Kudi, dan Trisula. Berikut merupakan panjabaran atau penjelasan dari nama jenis dapur tombak yang berbentuk unik serta ricikan-ricikan tombak tersebut.

TOMBAK-TOMBAK JAWA YANG MEMILIKI BENTUK UNIK

Banyak Angrem

 
contoh gambar tombak banyak angrem unik
Tombak Banyak Angrem
Banyak Angrem merupakan nama salah satu dapur tombak yang bentuknya seperti angsa mengeram, tidak simetris, lebar bagian bawah permukaan datar tetapi memakai ada-ada tipis di tengah bilah, ricikan lain tidak ada. Dapur ini banyak terdapat pada tombak lama, dan tujuannya bukan untuk berperang tetapi sebagai pusaka.

 

Dwisula


contoh gambar tombak  dwisula unik
Tombak Dwisula
Dwisula merupakan nama tombak bercabang dua (seperti tongkat Hades dalam khasanah Yunani), ada yang lurus dan ada yang ber-luk 3, 5 atau lebih. Tidak terlalu populer dibandingkan dengan tombak Trisula. Kegunaannya lebih sebagai tombak pusaka dan tidak dipakai secara langsung dalam pertempuran. Biasanya dibuat indah bahkan ada yang diberi kinatah.
 

Gunungan


contoh gambar tombak gunungan unik
Tombak Gunungan
Gunungan merupakan nama salah satu dapur tombak yang bentuknya menyerupai gunungan wayang kulit, berbilah tipis dan lebar, serta memakai ada-ada pada bagian sor-soran.
 

Kudi


contoh gambar tombak kudi unik
Tombak Kudi

Kudi termasuk tombak dengan tangkai pegangan pendek, sekitar 65-80 cm. Berbentuk mirip kujang. Ada yang berpamor dan kinatah emas, tutup tombak Kudi ini agak aneh, yaitu memasukan tombak ini dari bagian samping bilah bukan dari atas.
 

Trisula


contoh gambar tombak trisula unik
Tombak Trisula
Trisula merupakan jenis salah satu dapur tombak bercabang 3 (tiga), mirip tongkat Posaidon dalam khasanah Yunani. Tombak dapur ini popular dan banyak disukai. Bentuk tombak dapur Trisula banyak ragamnya, ada yang lurus dan ada yang luk 3 atau 5; serta ada juga yang luknya kombinasi dari tiap cabangnya.

Thanks for reading Lima Tombak Jawa yang Memiliki Bentuk Unik.

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.