Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Wednesday, September 23, 2020

Nama Jenis dan Ricikan Keris Jawa Luk 7 (Tujuh)


Nama dapur keris yang memiliki luk 7 (tujuh) diantaranya yaitu Balebang, Carubuk, Condhong Campur, Jaran Guyang, Megantara, Naga Keros, Naga Sapta, Panji Samadi, Sempana, dan Sepokal. Berikut merupakan panjabaran atau penjelasan dari nama jenis dapur keris luk 7 (tujuh) serta ricikan-ricikan keris tersebut.

DAFTAR NAMA JENIS KERIS LUK 7 DAN CIRI-CIRINYA

[NB: Beberapa dapur sengaja tidak ditulis, karena memiliki ricikan sama persis dengan luk sebelumnya, silahkan lihat pada keris ‘luk sebelumnya’, di SINI]

Keris Luk 7 Balebang

Balebang merupakan keris luk tujuh, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah (kadang dua dan kadang hanya satu), memakai pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng. [Ada yang luk 9, 11, 13]

Keris Luk 7 Carubuk

Carubuk merupakan keris luk tujuh, panjang bilah normal, terdapat kembang kacang, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, dan greneng lengkap; ada yang mengatakan harus ditambahi dengan kruwingan.

Keris Luk 7 Condong Campur

Condong Campur merupakan keris luk tujuh, memakai kembang kacang, jalen, dua lambe gajah, memakai pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng bersusun, serta juga terdapat dua kruwingan.

Keris Luk 7 Jaran Guyang

Jaran Guyang merupakan keris dengan luk tujuh, gandik polos, memakai pejetan dan sraweyan, juga terdapat greneng, dan dua kruwingan; ada yang mengatakan jika greneng tidak ada boleh menggantinya dengan tingil. Pejetan menyatu dengan kruwingan depan, sedangkan sraweyan menyatu dengan kruwingan belakang.

Keris Luk 7 Megantara

Megantara merupakan salah satu keris dapur luk tujuh, dengan luk makin ke arah pucuk makin rapat. Ricikannya yaitu kembang kacang, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, dan greneng, serta sebuah kruwingan tunggal.

Keris Luk 7 Naga Gajah

Naga Gajah merupakan keris luk tujuh, dengan gandik keris diukir kepala gajah lengkap dengan telinga dan belalai tetapi tanpa badan. Ricikan lain adalah sraweyan dan greneng ri-pandan, serta kadang memakai gusen.

gambar keris nogo luk 7 keris naga liman naga gajah
Keris Naga Liman (fb dimas syahid joyo pusoko)

Keris ini tergolong langka, seandainya ada kemungkinan bikinan baru atau tangguh muda, adapun pecinta tosan aji menyebutnya Naga Liman.

Keris Luk 7 Naga Keras

Naga Keras merupakan salah satu dapur keris luk tujuh, ukuran bilah sedang, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, sogokan rangkap, dan sraweyan. Sedangkan, versi lain, ada yang mengatakan gandik dibuat ukiran dengan bentuk kepala naga dengan ekornya meliuk mengikuti belokan luk di poros bilah sampai ke ujung serta memakai greneng; tetapi menurut buku lama keris ini dinamakan Naga Sasra Luk Tujuh.

Keris Luk 7 Naga Sapta

Naga Sapto merupakan salah satu dapur keris luk tujuh, ukuran bilah sedang, memakai gandik yang diukir kepala naga, poros bilah berisi badan naga mengikuti luk bilah, terdapat juga sraweyan dan greneng, serta dua kruwingan.

Keris Luk 7 Naga Sasra

Naga Sapto merupakan salah satu dapur keris luk tujuh, gandik pada keris ini diukir dengan kepala naga yang badannya meliuk mengikuti luk sepanjang bilah. Pada keris baru biasanya seluruh badannya full dilapisi kuningan. [Ada yang luk 9, 11, dan 13]

Keris Luk 7 Panji Samadi

Panji Samadi merupakan salah satu dapur keris luk tujuh, memakai kembang kacang pogog, jalen, dan dua lambe gajah. Ricikan lainnya yaitu, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, greneng, dan dua buah pudak sategal.

Keris Luk 7 Sempana

Sempana atau Sepana atau Sumpono atau Sempena, merupakan nama dapur keris luk tujuh dengan gandik tebal, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, pejetan, dan greneng ri-pandan. [Ada yang luk 9, 11, 13]

Keris Luk 7 Sempana Bungkem

Sempana Bungkem atau Sepana Bungkem, merupakan nama salah satu dapur keris luk tujuh. Keunikan dari keris ini, memakai kembang kacang bungkem atau kembang kacang tersebut melengkung dan ujungnya menyentuh bagian gandik. Keris ini sering diburu oleh banyak kalangan, sehingga banyak terjadi pemalsuan yang tadinya hanya berdapur Sempana (tidak bungkem) dibuat menjadi Sempana Bungkem dengan cara membentuk kembali kembang kacangnya menjadi bungkem.

Keris Luk 7 Sempana Kinjeng

Sempana Kinjeng atau Sepana Kinjeng atau Sempana Kinjeng, merupakan nama dari luk tujuh. Keris ini memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, dan greneng bersusun dengan ri-pandan. Tergolong langka dan agak jarang dijumpai.

Keris Luk 7 Sempana Panjul

Sempana Panjul atau Sepana Panjul atau Sempana Panjul, merupakan nama dari luk tujuh. Keris ini memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, pejetan, dan kadang terdapat tingil. [Ada yang luk 9]

Keris Luk 7 Sepokal

gambar keris luk 7 keris sepokal sepuh
Keris Sepokal Luk 7 (fb antik keris com)
Sepokal merupakan salah satu dapur keris luk tujuh, gandik polos, memakai pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng. [Ada yang luk 9 dan 11]

Thanks for reading Nama Jenis dan Ricikan Keris Jawa Luk 7 (Tujuh).

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.