Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Friday, September 25, 2020

Nama Jenis dan Ricikan Keris Jawa Luk 11 (Sebelas)


Jenis keris yang memiliki luk 11 (sebelas) diantaranya yaitu Bandotan, Caluring, Carita, Jaka, Sabuk Inten, Sabuk Sela, Sabuk Tali atau Tampar, dan Santan. Berikut merupakan panjabaran atau penjelasan dari nama jenis dapur keris luk 11 (sebelas) serta ricikan-ricikan keris tersebut.

DAFTAR NAMA JENIS KERIS LUK 11 DAN CIRI-CIRINYA

[NB: Beberapa dapur sengaja tidak ditulis, karena memiliki ricikan sama persis dengan luk sebelumnya, silahkan lihat pada keris ‘luk sebelumnya’, di SINI]

1. Keris Luk 11 Bandhotan

gambar keris luk 11 keris bandhotan bandotan sepuh
Keris Bandotan (fb nur rohim sab)
Bandotan merupakan jenis merupakan dapur keris luk sebelas, dengan gandik polos, memakai pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, dan biasanya terdapat greneng. [Ada yang luk 9 dan 13]

2. Keris Luk 11 Caluring

Caluring merupakan nama merupakan dapur keris luk sebelas, memakai kembang kacang, jalen, dan pejetan, serta dengan sogokan rangkap tanpa ricikan lain. Bilahnya panjang dan tebal ngimpa, luknya makin ke ujung makin rapat, keris ini mudah dikenali dari ciri luknya ini. Beberapa menyebutnya keris Waluring. [Ada yang luk 13]

3. Keris Luk 11 Carita

Carita merupakan nama keris luk sebelas, ukuran bilahnya sedang memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah satu, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap dan sraweyan. [Ada yang luk 7, 9, dan 13]

4. Keris Luk 11 Carita Bungkem

Keris ini merupakan luk sebelas, memakai kembang kacang bungkem, ditambah dengan pejetan dan greneng. Ricikan lainnya tidak ada.

5. Keris Luk 11 Carita Daleman

Keris luk sebelas, panjang bilah sedang, kembang kacang berjenggot dan ada yang bilang bahwa bungkem, memakai jalen, dua lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, dan greneng; serta lis-lisan dan gusen.

6. Keris Luk 11 Carita Gandu

Carita Gandhu merupakan keris luk sebelas, bilah sedang, luknya dalam, memakai kembang kacang berjenggot, jalen, dan lambe gajah dua. Selain itu, terdapat pejetan dan tingil.

7. Keris Luk 11 Carita Genengan

Keris luk sebelas, ukuran sedang, kembang kacang pogog berjenggot atau juga nguku bima, berjalen, lambe gajah dua, memakai pejetan dan greneng ri pandan. Dapur ini disebut juga Carita Gunungan.

8. Keris Luk 11 Carita Kaprabon

Keris luk sebelas, bilah sedang dengan gusen yang sampai ke ujung bilah, memiliki kembang kacang, jalen, lambe gajah dua, jalu memet, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, dan greneng ri pandan, serta dua kruwingan. Kadangkala kembang kacang memakai jenggot, dan memiliki greneng bersusun-susun. [Ada yang luk 9 dan 13]

9. Keris Luk 11 Carita Prasaja

Keris luk sebelas, bilah sedang, ricikannya yaitu kembang kacang, jalen, lambe gajah dua. Ricikan lainnya mirip dengan Carita Daleman, hanya saja pada Carita Prasaja, kembang kacang tidak pogog.

10. Keris Luk 11 Jaka Rumeksa

Keris ini merupakan keris luk sebelas, dengan gandik polos, pejetan, sogokan hanya satu di depan, serta tingil. Pada keris ini, pejetan terhubung ke sogokan depan hingga memanjang sampai ujung bilah keris.

11. Keris Luk 11 Jaka Wuru

Keris Jaka Wuru ini merupakan keris luk sebelas, dengan gandik polos, pejetan, sogokan rangkap dan memanjang sampai ujung bilah, serta memakai tingil.

12. Keris Luk 11 Sabuk Inten

Sabuk Inten merupakan nama salah satu dapur keris luk sebelas, ukuran panjang bilah sedang, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng ri pandan.

gambar keris sabuk inten intan luk 11 sepuh bagus
Keris Sabuk Inten Luk 11 (fb tjokrosuharto arts and crafts)

Kadang ada yang luk 13, namun ada yang mengatakan itu merupakan dapur keris Sengkelat. [Ada yang luk 13]

13. Keris Luk 11 Sabuk Sela

Sabuk Sela merupakan nama salah satu dapur keris luk sebelas, ricikannya hanya memakai kembang kacang, lambe gajah satu, serta sogokan rangkap, dan tingil.

14. Keris Luk 11 Sabuk Tali

Sabuk Tali merupakan nama salah satu keris luk sebelas, panjang bilah sedang, gandik polos; ricikannya sederhana, yaitu sogokan hanya satu di bagian depan saja dan ukuran sogokan tidak begitu panjang, serta memakai sraweyan. Ada yang mengatakan memakai tingil.

15. Keris Luk 11 Santan

Santan merupakan salah satu dapur keris luk sebelas, ukuran panjang bilahnya sedang, memakai pejetan, tikel alis, sogokan sebuah di depan, kembang kacang berjenggot, jalen, lambe gajahnya satu, sraweyan dan greneng dengan ron dha nunut.

Thanks for reading Nama Jenis dan Ricikan Keris Jawa Luk 11 (Sebelas).

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.