Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Tuesday, September 22, 2020

Nama Jenis dan Ciri-ciri Keris Jawa Luk 5 (Lima)


Jenis nama keris yang memiliki luk 5 (lima) diantaranya yaitu Anoman, Bakung, Dolog, Hurap-hurap, Kala Nadah, Kebo, Laler Mengeng, Naga, Pendawa, Pudhak Sategal, Pulanggeni, Rara Siduwa, dan Sinawasah. Berikut merupakan panjabaran atau penjelasan dari nama jenis dapur keris luk 5 (lima) serta ricikan-ricikan keris tersebut.

DAFTAR NAMA JENIS KERIS LUK 5 DAN CIRI-CIRINYA

[NB: Beberapa dapur sengaja tidak ditulis, karena memiliki ricikan sama persis dengan luk sebelumnya, silahkan lihat pada keris ‘luk sebelumnya’, di SINI]

Keris Luk 5 Anoman

Anoman merupakan nama dapur keris luk lima, ukuran panjang bilah keris sedang, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah hanya satu, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap yang panjangnya sampai ke pucuk bilah, memakai sraweyan, greneng ri-pandan, dan sebuah pudak sategal.

gambar keris luk 5 keris anoman hanoman
Keris Anoman Luk 5 (fb iqbal megantoro)

Keris ini gampang dikenali karena sogokannya yang panjang tersebut.

Keris Luk 5 Bakung

Bakung merupakan nama dapur keris luk lima, ukuran panjang bilah sedang, dengan gandik polos, cekungan pejetan dalam, terdapat tikel alis dan sraweyan, selain itu tidak ada ricikan lain.

Keris Luk 5 Cundrik Pandawa

Cundrik Pandawa merupakan dapur keris luk lima, dimana ricikannya yaitu memiliki badan bilah terbalik, gandik terletak di belakang, serta hanya terdapat pejetan, dan tanpa ricikan lainnya.

Keris Luk 5 Dolog

Dolog merupakan keris luk lima yang memiliki gandik polos, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, dan sraweyan, serta kadang-kadang terdapat greneng.

Keris Luk 5 Hurap-hurap

Hurap-hurap merupakan keris dapur luk lima yang memakai kembang kacang, lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, dan dua buah kruwingan. Pada keris ini, tikel alis dan sraweyan tersambung satu sama lain di atas puyuhan sogokan.

Keris Luk 5 Kala Nadah

Kala Nadah merupakan keris luk lima, gandik polos, memakai pejetan, tikel alis, satu sogokan di depan, sraweyan dan tingil. Ada yang bilang bahwa, keris ini memakai sogokan rangkap tetapi hanya pada satu sisi bilah, sisi bilah yang lain polos tanpa sogokan. Panjang bilah sedang dan termasuk keris langka.

Keris Luk 5 Kebo Dendeng

Kebo Dengdeng atau Mahesa Dengdeng, merupakan keris luk lima, dengan ricikan yaitu memakai gandik polos, pejetan, serta sogokan rangkap. Pada keris ini, sogokan rangkap tembus dari satu sisi bilah ke sisi bilah yang lain. Ricikan lain tidak ada, dan tergolong langka. [Ada yang lurus]

Keris Luk 5 Kebo Dengen

Kebo Dengen atau Mahesa Dengen, merupakan keris luk lima, dimana keris ini memakai gandik panjang, terdapat kembang kacang, jalen, lambe gajah, serta pejetan, kadang juga ada yang memakai tingil. Ganja keris ini kadang-kadang berbentuk kelab lintah.

Keris Luk 5 Kebo Tedan

Kebo Tedan atau Mahesa Tedan, merupakan keris luk lima, ricikannya gandik memakai hiasan laler mengeng, terdapat pejetan dan sogokan rangkap. Bilah keris ini memakai ada-ada. Jikalau, gandik polos dan memiliki dua buah lubang maka disebut Kebo Tedas atau Mahesa Tedas.

Keris Luk 5 Laler Mengeng

Jelas, untuk keris ini gandiknya berhias laler mengeng. Ricikan lainnya yaitu pejetan, tikel alis, sraweyan dan greneng. [Ada yang lurus]

Keris Luk 5 Naga Salira

Naga Salira merupakan salah satu dapur keris luk lima. Ukiran pada gandik berbentuk kepala naga yang berbadan pendek hanya di bagian ganja keris.

Keris Luk 5 Naga Seluman

Naga Seluman atau Naga Siluman, merupakan keris yang gandiknya diisi dengan kepala naga, namun pada bagian badan menghilang, ditambah dengan adanya tikel alis, sraweyan, dan greneng, serta kadang memakai kruwingan. [Ada yang lurus atau luk-luk lain]

Keris Luk 5 Pendawa

Pendawa atau Pandawa merupakan keris luk lima, sepintas mirip dapur keris Pulanggeni.  Ukurannya sedang, gandik polos, memiliki pejetan, tikel alis, memakai sogokan dua, sraweyan dan greneng lengkap.

Keris Luk 5 Pendawa Cinarita

Pendawa Cinarita atau Pandawa Carita merupakan nama salah satu dapur keris luk lima; memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah dua, sogokan rangkap, sraweyan, greneng, serta kadang ada yang ditambah kruwingan sehingga ada-ada sangat jelas. Keris ini banyak dipunyai dalang dan tergolong dapur popular.

Keris Luk 5 Pendawa Karna Tinanding

Keris Pandawa ini sangat berbeda dari keris Pandawa biasanya, karena keris ini kembang kacang dua yang terletak satu di depan dan satu di belakang, diikuti dengan dua buah jalen, 4 buah lambe gajah, dua pejetan, dan dua tikel alis yang terbagi di depan dan belakang juga. Selain itu terdapat dua buah sogokan dan dua buag pudak sategal, serta memiliki sepaket greneng di belakang (keris ini tidak simetris).

Keris Luk 5 Pendawa Lare

Pendawa Lare merupakan keris luk lima, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah satu, pejetan, tikel alis, bagian ada-adanya tebal dan tampak jelas; serta terdapat sraweyan dan greneng.

Keris Luk 5 Pendawa Prasaja

Pendawa Prasaja merupakan nama keris luk lima, ukuran panjang bilah sedang, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah satu, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng ri pandan.

Keris Luk 5 Pendawa Ulap

Pandawa Ulap merupakan jenis keris pandhawa dengan ricikan yaitu kembang kacang, jalen, lambe gajah satu, pejetan, tikel alis, dan sogokan rangkap, serta terdapat kruwingan di bilahnya.

Keris Luk 5 Pudhak Sategal

Keris luk lima dengan ricikan pudhak sategal dua buah depan belakang, kembang kacang, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan dua buah, sraweyan dan greneng. [Ada yang luk-luk lain]

Keris Luk 5 Pulanggeni

gambar keris luk 5 keris pulanggeni sepuh
Keris Pulanggeni Luk 5 (fb galeri keris pusaka)
Pulanggeni merupakan dapur keris luk lima, ukurannya sedang, gandik polos, ricikannya hanya pejetan dan memakai tingil. [Ada yang lurus]

Keris Luk 5 Rara Siduwa

Rara Siduwa atau Rara Sinduwa atau Rara Sidupa atau Rara Sindupa atau Rara Sudupa atau Rara Sundupa, merupakan salah satu dapur keris luk lima. Bentuknya khas, bagian bawah lurus dan luk pertama dimulai dari tengah bilah sampai bagian atas; dengan gandik lugas dan tanpa ricikan lainnya, dapur ini tergolong langka dan hanya terdapat pada keris tua saja.

Keris Luk 5 Sinawasah

Sinarasah atau Sinawasah merupakan salah satu dapur keris luk lima, yang pada tengah bilah diukir gambar timbul (relief, biasanya dengan motif lung-lungan) dan ditempel dengan emas atau perak, ricikan lain kembang kacang berjenggot dan greneng lengkap, kadangkala juga memakai sogokan.

Thanks for reading Nama Jenis dan Ciri-ciri Keris Jawa Luk 5 (Lima).

2 comments:

  1. Mantep jika ada gambarnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar kerisnya pelan-pelan menyusul.. hehe

      Delete

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.