Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Friday, September 18, 2020

Empu Keris Wanita : Ni Anjani dan Ni Sombro


Berikut merupakan rangkuman dari 2 (dua) empu wanita terkenal yang pernah hidup dalam sejarah perkerisan, dengan dilengkapi ciri-ciri keris buatannya.

1. Empu Wanita: Anjani

Empu Anjani atau Ni Anjani merupakan empu wanita terkenal di jaman kerajaan Pajajaran. Ni Anjani hidup sekitar abad 11. Tosan aji buatan Ni Anjani memiliki beberapa ciri-ciri atau tampilan, yaitu pada umumnya bilahnya tipis, dan panjangnya sedang dan manis. Dilihat dari jenis besinya, maka besi-besi yang digunakan merupkan besi-besi pilihan dan terbaik pada jamannya. Dari sisi proses garapan, maka tempaannya matang dan berwarna hitam. Sementara, pamornya tergolong pamor-pamor yang mubyar-mubyar; pamornya biasanya Udan Mas, Wos Wutah atau Pendaringan Kebak dan pamor-pamor sejenisnya.

empu wanita jawa nyi sumbro dan nyi anjani
(Karya: Herjaka Hs)
[Baca Juga: Empu Korib: Empunya Keris Pusaka Cor]

2. Empu Wanita: Sombro

Empu Sumbro atau Ni Mbok Sombro, merupakan seorang empu wanita terkenal yang berasal dari kerajaan Pajajaran, hidup sekitar abad 10 silam. Keris-keris buatan Ni Mbok Sombro dikenal mmmpunyai kekuatan gaib untuk membantu melahirkan, menghindarkan hama tanaman, keselamatan dan ketentraman. Bentuk keris buatan Empu Sombro cukup sederhana dengan ukuran bilahnya tidak panjang, dan semua buatannya merupakan keris lurus. Secara pamor keris, motif-motif pamornya juga sederhana; namun jika dilihat bahan besi yang digunakan juga merupakan besi berkualitas dan tergolong pilihan. Dapurnya, paling banyak yaitu Brojol, dengan penampilan dapur tidak terlalu cantik namun berwibawa. Banyak diantaranya juga tergolong keris pejetan, yaitu pada permukaan bilah terdapat lekukan seperti pejetan; serta beberapa keris buatannya memakai ganja iras.

  
Sementara, pada saat ini juga ada beberapa pembuat keris wanita, pada sebuah pameran di Surakarta terdapat sebilah keris dengan pamor Untu Walang yang digarap apik oleh seorang empu pembuat keris wanita, kemungkinan dari Padepokan Brojobuwono Solo.

Thanks for reading Empu Keris Wanita : Ni Anjani dan Ni Sombro.

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.