Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Monday, September 21, 2020

Jenis dan Ciri-ciri Dapur Tombak Luk


Nama atau jenis dapur tombak luk diantaranya yaitu Bandotan, Buta Meler, Cacing Kanil, Citra, Daradasih, Dora Menggala, Karacan, Lung Gandu, Megantara, Mengkon, Pandu Naga, Panggang Lele/Welut, Renggo, Sanga-sanga, Sapit Kelor, dan Slandang Asto. Berikut merupakan panjabaran atau penjelasan dari nama jenis dapur tombak luk 3, 5, 7, 9, dan 11; serta ricikan-ricikan tombak tersebut.

DAFTAR NAMA DAN CIRI-CIRI TOMBAK LUK

tombak-tombak luk dan tongkat landeyan penataan kanan kiri
Tombak Jawa (fb arjuno tinanding gallery)

Tombak Luk 9 Bandotan

Bandotan merupakan nama salah satu dapur tombak luk sembilan, sepertiga panjang tombak lurus sedangkan dua pertiga baru ada luk nya, sisi kiri/kanan bawah ada gandiknya berukir naga kadang dihias kinatah, badan kedua naga tersebut menyatu dan menghilang membentuk ada-ada yang besar dan menonjol mengikuti luk.

Tombak Luk 3 Buta Meler

Buta Meler merupakan nama tombak luk tiga, dengan penampilan bilah yang sederhana, terdapat semacam kembang kacang dan lambe gajah kecil.

Tombak Luk Cacing Kanil

Cacing Kanil merupakan jenis salah satu dapur tombak luk 3, 5 atau 7; mirip cacing menggeliat dan berbentuk beda dengan luk biasa, pada cacing kanil maka luk mengarah kesegala arah. Tombak dengan motif cacing kanil tidak pipih tetapi bulat atau persegi, bisa segi 3, segi 4 atau berbentuk belimbing. Tombak cacing kanil sekarang berubah fungsi bukan sebagai tombak tetapi banyak digunakan sebagai isi tongkat komando.

Tombak Luk 11 Citro

Citro merupakan nama salah satu dapur tombak luk sebelas, mempunyai semacam kembang kacang, dua lambe gajah di tepi bilah menghadap kebawah di dekat bagian mentuk, selain itu memakai ada-ada tipis di sepanjang bilah, kebanyakan buatan Mataram.

Tombak Luk 5 Daradasih

Daradasih merupakan nama salah satu dapur tombak luk 5, di tengah bilahnya memakai ada-ada yang ukurannya besar dan tebal sehingga terlihat jelas. Bilahnya tebal dan di tepinya ada gusen serta lis-lisan, sisi bilah bagian bawah tombak ini berbentuk menyudut. Ricikan lainnya tidak ada.

Tombak Luk 5 Daradasih Menggah

Daradasih Menggah merupakan jenis salah satu dapur tombak luk 5, pada luk pertama terdapat pudak sategal, permukaan bilah pada separuh bagian atas cenderung datar tetapi bagian bawah berbentuk ngadal meteng. Sisi bilah yang menghadap bawah terdapat semacam kembang kacang dan dua lambe gajah yang kecil kecil ukurannya.

Tombak Luk 5 Dora Menggala

Dora Menggala merupakan nama salah satu dapur tombak luk 5, memakai pudak sategal dan kruwingan, bilah bagian bawah sor-soran agak tebal, tetapi mulai tengah bilah sampai ujung tipis dan datar.

Tombak Luk 7 Karocen

Karocen atau Karacan, merupakan nama salah satu dapur tombak luk 7, sisi bilah paling bawah berbentuk menyudut, permukaan bilahnya ngadal meteng dengan ada-ada yang hampir tak terlihat karena tipis, tombak ini juga memakai bungkul tetapi kecil dan tipis. Lebar tombak ini di bagian bawah agak jauh lebih lebar dibanding bagian tengahnya. Karocen atau Karacan ini termasuk dapur tombak yang langka.

Tombak Luk 9 Lung Gandu

Lung Gandu merupakan nama salah satu dapur tombak, jika tombak berluk 9, seluruh permukaan bilah tertutup kinatah Lung-lungan bentuknya nggigir sapi dengan ada-ada tipis di sepanjang bilah, sisi ujung bawah tombak berbentuk menyudut. Karena susah dibuatnya kini dapur ini langka dan jarang ditemui.

Tombak Luk 7 Megantara

Megantara merupukan jenis dapur tombak luk 7, dimana pada bagian bawah bilah terdapat sisi menyudut, dan terdapat semacam bungkul di bagian atas metuk tombak.

Tombak Luk 7 Mengkon

Mengkon merupakan jenis salah satu dapur tombak luk tujuh, tepi bilah tombak bagian bawah membentuk sudut dengan tepi menghadap ke bawah. Di atas bagian mentuk terdapat bungkul dan di atas bungkul terdapat ada-ada sepanjang bilah. Permukaan bilah seluruhnya berbentuk nggigir sapi.

Tombak Luk 3 Pandu Naga

Pandu Naga merupakan jenis salah satu dapur tombak luk 3, memakai gandik yang dibentuk menyerupai kepala Naga di kedua sisi di daerah sor-soran. Badan Naga mengikuti lekukan tepi bilah sesuai dengan luknya, sedang di tengah bilah diantara badan Naga tersebut berbentuk ngadal meteng. Tombak ini tergolong langka dan biasanya dari jaman Mataram Sultanagungan.

Tombak Luk 3 Panggang Lele

Panggang Lele merupakan nama salah satu dapur tombak luk 3, di sisi bilah yang menghadap kebawah terdapat semacam bentuk yang menyerupai jenggot. Diatas bagian mentuk terdapat bungkul yang diteruskan dengan ada-ada yang terlihat jelas sampai ke ujung bilah. Seluruh permukaan bilah berbentuk nggigir sapi.

Tombak Luk Panggang Welut

Panggang Welut, salah satu dapur tombak luk 5 atau 7, di sisi bilah yang menghadap kebawah ada semacam bentuk yang menyerupai jenggot. Diatas begian mentuk terdapat bungkul yang dilanjutkan dengan ada-ada sampai keujung bilah. Separuh panjang tombak bagian bawah permukaannya berbentuk ngadal meteng, sedang diatasnya pipih datar saja.

Tombak Luk 5 Renggo

Renggo atau Rangga, salah satu dapur tombak luk 5, tombak ini memakai sapit abon dan semacam alur serupa sogokan yang mengelilingi sapit abon itu. Bilahnya tebal tetapi datar saja tanpa ada-ada, ditepi bilah yang menghadap kebawah terdapat dua tonjolan menyudut serupa lambe gajah.

Tombak Luk 9 Sanga-sanga

Sanga-Sanga, salah satu dapur tombak luk 9, permukaan bilahnya nggigir sapi dengan ada-ada tipis sepanjang bilah. Sisi bilah diujung bawah tombak berbentuk menyudut, seluruh permukaan bilah tertutup kinatah lung-lungan. Tombak ini termasuk langka karena mungkin terlalu indah dan mahal bila diproduksi kebanyakan.

Tombak Luk 3 Sapit Kelor

Sipat Kelor atau Sipat Kelor, salah satu dapur tombak luk 3, bagian didekat metuk lurus, luk hanya terdapat dibagian dekat ujung. Disepanjang bilah terdapat ada-ada, tanpa bungkul.

Tombak Luk 5 Slandang Asto

Sladang Asto, nama tombak luk 5, permukaan bilahnya nggigir lembu, dengan ada-ada terlihat jelas, sisi bilah paling bawah membentuk semacam sudut, tombak ini biasanya buatan Majapahit terutama Pengging Witoradyo.

Thanks for reading Jenis dan Ciri-ciri Dapur Tombak Luk.

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.