Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Thursday, September 24, 2020

Nama Jenis dan Ricikan Keris Jawa Luk 9 (Sembilan)


Jenis dapur keris yang memiliki luk 9 (sembilan) diantaranya yaitu Bale Kencana, Buto Ijo, Carang Soka, Jarudeh, Jaruman, Kidang, Klikabenda, Naga, Panimbal, Paniwen, Panji Sekar, Sabuk Panimba, Segara Muncar, dan Sempana. Berikut merupakan panjabaran atau penjelasan dari nama jenis dapur keris luk 9 (sembilan) serta ricikan-ricikan keris tersebut.

DAFTAR NAMA JENIS KERIS LUK 9 DAN CIRI-CIRINYA

[NB: Beberapa dapur sengaja tidak ditulis, karena memiliki ricikan sama persis dengan luk sebelumnya, silahkan lihat pada keris ‘luk sebelumnya’, di SINI]

1. Keris Luk 9 Bale Kencana

Bale Kencana merupakan jenis keris luk sembilan, ukuran bilah sedang, dengan kembang kacang, jalen, lambe gajah satu, pejetan, tikel alis, dua buah sogokan, sraweyan, dan dua buah kruwingan serta adanya greneng bersusun. Sor-soran pada keris ini biasanya dihiasi tinatah emas. [Ada yang luk 11 dan 13]

2. Keris Luk 9 Buta Ijo

Buto Ijo merupakan jenis keris luk sembilan, ukuran bilah sedang, memiliki gandik polos, memakai pejetan, tikel alis, serta tingil tanpa ada ricikan lainnya. [Ada yang luk lain]

3. Keris Luk 9 Carang Soka

gambar keris luk 9 keris carangsoka carangsoko carangsaka
Keris Carangsoka Luk 9 (fb mametto)

Carang Soka merupakan nama keris luk sembilan, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah satu, pejetan, tikel alis, sraweyan, dan greneng ri pandan.

4. Keris Luk 9 Jarudeh

Jarudeh atau Jarodeh merupakan nama keris luk sembilan, ukurannya sedang, terdapat kembang kacang berjenggot, jalen, lambe gajah satu, pejetan, tikel alis, dan sogokan rangkap.

5. Keris Luk 9 Jaruman

Jaruman merupakan jenis dapur keris luk sembilan, ukuran bilah sedang, dengan gandik polos, memakai pejetan, tikel alis, sogokan rangkap dan sraweyan, tanpa greneng.

6. Keris Luk 9 Kidang Mas

Kidang Mas merupakan keris luk sembilan, dengan gandik polos, ricikannya sederhana, yaitu pejetan, tikel alis, serta greneng. [Ada yang luk 11 dan 13]

7. Keris Luk 9 Kidang Milar

Kidang Milar merupakan jenis dapur keris luk sembilan, dengan gandik polos, ricikannya hampir sama dengan ricikan keris Kidang Mas, hanya saja pada Kidang Milar tidak memakai tikel alis.

8. Keris Luk 9 Kidang Soka

Kidang Soka merupakan jenis dapur keris luk sembilan, tidak seperti keris kidang yang lain, pada gandik Kidang Soka memakai kembang kacang dengan jalen dan dua lambe gajah, serta memiliki pejetan, tikel alis, sraweyan dan greneng. Ada pula yang pakai ri pandan pada grenengnya. [Ada yang luk 11 dan 13]

9. Keris Luk 9 Klikabendha

Klikabenda atau Kalika Benda merupakan nama salah satu keris luk sembilan, memakai gandik polos, pakai pejetan, tikel alis, sraweyan, dan greneng ri pandhan. Ada beberapa yang menyebutnya keris Kala Bendu Luk 9.

10. Keris Luk 9 Naga Penganten

Naga Penganten merupakan jenis salah satu dapur luk sembilan. Keris ini gandiknya kembar depan belakang namun tidak simetris karena ganja tetap berbentuk cecak dan bagian belakang memakai greneng seperti pada umumnya. Gandik depan dan belakang diukir kepala naga yang badan saling membelit mengikuti kelokan luk pada bilah keris. Pada umumnya akan dihiasi kinatah emas, dan seringkali di dalam mulut dua naga tersebut diberi dengan butiran emas atau berlian (atau sering disebut ‘ngemut intan’). Kadang ada yang memakai kruwingan, dimana menyatu dengan sraweyannya. [Ada yang berluk 11 dan 13]

11. Keris Luk 9 Panimbal

Panimbal merupakan nama salah satu dapur keris luk sembilan, ukuran sedang memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah ada satu, memakai pejetan, tikel alis, dan sogokan rangkap, serta adanya sraweyan dan greneng.

12. Keris Luk 9 Paniwen

Paniwen merupakan nama salah satu dapur keris luk sembilan, ukuran bilah sedang, memakai kembang kacang yang kadang-kadang kembang kacangnya pogok, jalen, lambe gajahnya ada dua, selain itu memiliki pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, dan sraweyan. [Ada yang berluk 11 dan 13]

13. Keris Luk 9 Panji Sekar

Panji Sekar merupakan nama keris luk sembilan, dengan ricikan gandik berkembang kacang pogog, memiliki jalen, sebuah lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, dan terdapat tingil.

14. Keris Luk 9 Sabuk Panimbal

Sabuk Panimbal merupakan keris berluk sembilan. Ricikan keris Sabuk Panimbal ini hampir sama dengan keris Panimbal, namun pada keris ini memakai kembang kacang pogog, dan greneng bersusun, serta dibawah kembang kacangnya tidak memiliki jalen, namun keris ini memakai sepasang pudhak sategal.

15. Keris Luk 9 Segara Muncar

Segara Muncar merupakan nama keris luk sembilan, memakai kembang kacang membungkam atau bungkem, lambe gajah dua buah, memiliki pejetan, sogokan rangkap yang ukurannya panjang sampai sekitar pertengahan bilah bahkan ada yang sampai ujung bilah; tidak memakai greneng tetapi memakai sraweyan dan sepasang kruwingan.

16. Keris Luk 9 Sempana Klenthang

Sepana Kalentang atau Sempana Klentong merupakan jenis keris luk sembilan, bilahnya berukuran panjang, luknya kemba (tidak dalam), memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah satu, pejetan, tikel alis, dan dua buah tingil.

17. Keris Luk 9 Sempana Panjul

Sempana Panjul merupakan keris berluk sembilan, dengan gandik kembang kacang, jalen, lambe gajah, serta pejetan. Beberapa ada yang memakai tingil.

Thanks for reading Nama Jenis dan Ricikan Keris Jawa Luk 9 (Sembilan).

2 comments:

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.