Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Thursday, June 22, 2023

Pranata Mangsa: Mangsa Kasa (23 Juni - 2 Agustus)


Mangsa Kasa berotasi selama 41 hari, dimulai 23 Juni sampai dengan 2 Agustus, menandai adanya musim kemarau, dilambangkan ‘Permata Terlepas dari Cincin’.

A. Keadaan Fisik

Pada umumnya orang-orang yang terlahir dalam mangsa Kasa ini mempunyai paras wajah yang cakap, baik pria maupun wanita.

Postur tubuh orang yang lahir pada mangsa Kasa ini umumnya terlihat bulat, dengan raut wajah bulat telur serta selalu berseri-seri. Dahinya kelihatan lebar yang menandakan kecerdasan otaknya, serta matanya bening dan lebar pula. Sedangkan, tangan dan kaki orang yang lahir pada tanggal 23 Juni - 2 Agustus ini tidak seimbang dengan besar tubuhnya. Walaupun dia bertubuh besar, tetapi kakinya kecil, tangannya pun kecil juga. Sedangkan jari-jarinya lentik, ibarat penari srimpi.


Pada umumnya, rambut kepala orang mangsa Kasa berwarna kecoklatan, tetapi banyak juga yang berwarna hitam. Sedangkan alisnya, bentuknya biasanya melebar tipis atau jarang yang memiliki alis tebal. Alisnya dari dakat pangkal hidung tumbuh agak tebal dan semakin menipis sampai ujung alis, bahkan ada yang sudah habis sebelum sampai ke ujung alis atau terpotong.

Kalau ada yang memiliki bentuk alis terpotong tersebut, maka dia memiliki nasib kurang menyenangkan di lingkungan keluarga atau saudara-saudaranya. Jadi, semua perbuatannya kurang dipandang baik atau bahkan selalu dipandang serba salah oleh saudara-saudaranya, meskipun dia telah berusaha semaksimal mungkin berbuat baik.

pranata mangsa kasa pranoto mongso kaso
Batu yang terlepas dari Cincinnya

B. Keadaan Masa Kecil

Orang yang lahir pada mangsa Kasa ini, pada masa kanak-kanak, mudah sekali terserang sakit sakit perut, dan batuk-batuk, serta ada pula yang sakit liver. Kesehatannya sering terganggu, terlebih lagi ketika sedang musim hujan karena mungkin anak-anak Kasa ini pada umumnya senang bermain air.

Pada masa kanak-kanak, sifat keras kepala dan mudah tersinggung sudah mulai nampak. Bisa dilihat ketika dia meminta sesuatu dan tidak langsung dikabulkan, dia bisa ngambek sampai berhari-hari. Dia tidak mau tahu alasan mengapa permintaannya itu tidak dikabulkan seketika. Kalau kemudian dikabulkan, maka dia akan menolaknya. Oleh karenanya, orang lain sering salah paham dan terjadi pertengkaran.

Anak-anak Kasa biasanya luar biasa cerdas bahkan ada yang jenius. Sangat mudah menerima pelajaran. Bisa mengingat-ingat segala peristiwa, meski sudah bertahun-tahun yang lalu akan diingatnya seumur hidup. Secara menyeluruh, kecerdasan anak-anak Kasa ini memang melebihi anak-anak dari kelahiran mangsa lainnya. Jadi, prestasi akademik bukan sesuatu yang mustahil bagi anak Kasa, karena dia memang dapat melakukan hal-hal yang menakjubkan.

Anak-anak Kasa memiliki hubungan yang sangat akrab dengan keluarga, seolah hidupnya diabdikan untuk keluarga. Sedangkan karakternya akan berkembang baik jika mendapatkan bimbingan yang baik pula dari orang tua. Hal-hal yang penting harus dihindarkan yaitu perbuatan-perbuatan yang tidak baik seperti kekejaman dan hal-hal cabul, karena hal itu akan terekam dalam benak bawah sadarnya dan akan dikenang untuk seumur hidup, sehingga karena hal-hal itu kelak ia bisa menjadi orang kejam, keji, dan sadis.

Di dalam pergaulan, dia sangat mudah tersentuh hatinya. Dia akan mau berkorban untuk menolong anak lainnya yang telah menceritakan kesusahannya padanya. Dia berani bertindak untuk menyelesaikan kesulitan-kesulitan kawan-kawannya, maka tidak mustahil kalua ia mendapat tempat terhormat di kalangan anak-anak sebaya. Meski memiliki sifat keras kepala dan mudah tersinggung, anak-anak kelahiran mangsa Kasa ini memiliki sifat yang lembut, ia adalah pendamba cinta kasih. Selain itu, ia juga pecinta kebersihan dan kerapian, serta ilmu pengetahuan.

C. Keadaan Masa Dewasa

Setelah mengalami proses pendawasaan, maka anak Kasa tumbuh menjadi laki-laki atau wanita yang dewasa dan penuh keterampilan. Kecerdasannya dapat dimanfaatkan dengan baik, serta sanggup mengatasi segala macam kesulitan, baik yang terjadi dalam kelompok pergaulannya maupun dalam rumah tangganya.

Dia dapat menjadi pelindung yang penuh kearifan, karena dia menolong sesama tanpa mengharapkan imbalan. Oleh karenanya dia sangat menonjol di tengah-tengah masyarakat. Bahkan dia sangat menonjol dalam pergaulan, cepat mendapat teman. Tentu saja karena penampilan dan tutur katanya yang lemah lembut, mengundang kesan simpati.

Namun kelemahannya yaitu, jika berada di lingkungan yang kacau balau, dia pun akan ikut kacau balau pula; jika berada di kalangan orang-orang tidak bermoral, dia pun bisa terseret kedalam skandal-skandal yang memalukan pula. Dia mudah hanyut terbawa ke dalam arus kehidupan, entah itu baik ataupun yang tidak baik. Semua itu dikarenakan oleh sifatnya yang peka dan perasa hingga mudah terpengaruh oleh keadaan lingkungannya.

D. Ikatan Persahabatan

Pada umumnya, meskipun orang Kasa pintar bergaul, tetapi sahabatnya hanya ada segelintir saja. Sahabat yang paling cocok dengan sifatnya yaitu orang-orang yang terlahir pada mangsa-mangsa berikut:

1. Mangsa Kalima (14 Oktober - 9 Nopember), merupakan sahabat sejati.
2. Mangsa Katelu (26 Agustus - 18 September).
3. Mangsa Kapitu (23 Desember - 3 Pebruari).
4. Mangsa Kasongo (2 Maret - 26 Maret)
5. Mangsa Desta (20 April - 12 Mei)


Selama bergaul, orang kelahiran Kasa kadang dapat sangat periang, tetapi kadang-kadang juga pendiam. Hal itu tergantung situasi dan kondisi pergaulan saat itu. Pada umumnya, jika hatinya cocok, maka rasa senang dan gembira itu akan tercetus dalam canda, tampaklah dia sangat menyenangkan pada saat itu. Tetapi bila dia tidak cocok, maka tampaklah dia terdiam dan bicara hanya secukupnya.

E. Pekerjaan Yang Cocok (Karier)

Bagi orang yang terlahir pada mangsa Kasa, ternyata mempunyai berbagai lapangan kerja yang cocok baginya. Apapun yang dikerjakannya dia cepat sekali beradaptasi dengan bidang pekerjaan yang digelutinya itu, namun kadang cepat jenuh dan bosan dengan apa yang dicapainya. Bahkan sebagaian dari mereka sering berganti-ganti pekerjaan, karena merasa belum menemukan pilihan pekerjaan yang cocok baginya. Walau begitu orang Kasa selalu dapat mengerjakan pekerjaan yang dipercayakan padanya dengan baik. Meski itu pekerjaan yang dirasa sulit oleh sebagian orang, dia pasti dapat menyelesaikan dengannya dengan baik.

Secara umum, ada tiga kelompok orang mangsa Kasa dan pekerjaan yang cocok, yaitu sebagai berikut.

1. Kelompok kelahiran: Minggu, Rabu, dan Jumat.

Mereka ini mempunyai pekerjaan yang menjurus kearah kebersihan, batiniah, keindahan, dan kasih sayang. Seperti: Wartawan, Artis, Pengurus Museum, atau Penjual Kosmetik.

2. Kelompok kelahiran: Senin.

Mereka ini mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan watak pembawaan dan bakat yang terbawa sejak lahir, yaitu di bidang makanan -- karena orang Kasa kelahiran hari senin ini senang makan enak -- ataupun pemerintahan. Seperti: Pegawai Pemerintahan, atau Pengusaha Rumah Makan.

3. Kelompok kelahiran: Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Mereka ini dipengaruhi oleh sifat dan watak hari kelahirannya yang menjurus ke sifat Api, Petir, dan Air. Artinya serba keras dan menakutkan. Seperti: Ahli Bangunan, Tukang Batu, Tukang Kayu, Tukang Besi, Wiraswasta, atau Bidang Perkapalan dan Alat-alat Nelayan.

Demikian pekerjaan yang paling cocok atau cocok, bagi mereka yang terlahir pada mangsa Kasa sesuai dengan hari kelahirannya, bahwa apa saja yang telah diutarakan di atas hanyalah merupakan garis-garis utama profesi, jadi terkadang juga dapat meleset apalagi bagi mereka yang mempunyai keistimewaan.

Thanks for reading Pranata Mangsa: Mangsa Kasa (23 Juni - 2 Agustus).

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.