Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Monday, September 21, 2020

Nama Jenis dan Ciri-ciri Keris Jawa Luk 3 (Tiga)


Jenis dapur keris yang memiliki luk 3 (tiga) diantaranya yaitu Campur Bawur, Dhuwung, Jangkung, Kebo, Manglar Munga, Mayot, Waluring, Sembada, Singa Barong dan Tebu Sauyun. Berikut merupakan panjabaran atau penjelasan dari nama jenis dapur keris luk 3 (tiga) serta ricikan-ricikan keris tersebut.

DAFTAR NAMA DAPUR KERIS LUK 3 DAN CIRI-CIRINYA

[NB: Beberapa dapur sengaja tidak ditulis, karena memiliki ricikan sama persis dengan luk sebelumnya, silahkan lihat pada keris ‘luk sebelumnya’, di SINI]


Keris Luk 3 Campur Bawur

Campur Bawur merupakan keris luk tiga, ukuran bilah sedang. Keris ini terdapat dua versi, dimana: versi pertama memiliki gandik polos, memakai pejetan, sogokan keris rangkap. Luk mulai dari tengah bilah, serta gandik kadang-kadang memakai jenggot. Sedangkan: versi kedua, ricikannya yaitu ganding memakai kembang kacang, jalen, dan dua lambe gajah. Terdapat juga pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, greneng bersusun, dan dua buah kruwingan. Pada luk pertama terlihat agak kaku.

Keris Luk 3 Duwung

Duwung atau Wuwung, juga merupakan keris luk tiga, memiliki gandik polos, dan hanya memakai pejetan. Khusus keris ini bagian yang tajam hanya pada satu sisi saja yaitu sisi depan, sedangkan pada sisi belakang tumpul sampai sekitar tiga perempat bilah. [Ada yang lurus]

Keris Luk 3 Jangkung

Jangkung merupakan keris luk tiga, dengan bilah sedang, gandik polos, terdapat pejetan, tikel alis, sraweyan dan greneng.

Keris Luk 3 Jangkung Cinarita

Jangkung merupakan keris luk tiga, dengan ricikan yaitu terdapat kembang kacang jalen, dua lambe gajah, pejetan, tikel alis, sraweyan dan greneng.

Keris Luk 3 Jangkung Mangkunegara

Jangkung Mangkunegara atau disebut juga Segara Winotan, merupakan keris luk tiga, dengan ricikan yaitu terdapat kembang kacang jalen, satu lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng. Ciri khususnya yaitu sogokan depan dan belakang menyatu di ujung bilah. Di daerah Serawak Sabah Sulu disebut sebagai dapur Aliamai Lok Tiga.

Keris Luk 3 Jangkung Mangkurat

Jangkung Mangkurat merupakan keris luk tiga, dengan ricikan yaitu terdapat kembang kacang jalen, lambe gajah, pejetan, dan greneng.

Keris Luk 3 Jangkung Mayang

Jangkung Mayang merupakan keris luk tiga, dengan ricikan yaitu terdapat kembang kacang jalen, dua lambe gajah, pejetan, sraweyan dan greneng. Ciri-ciri lainnya yaitu panjang pejetannya sampai hampir setengah bilah.

Keris Luk 3 Jangkung Pacar

Jangkung Pacar merupakan keris luk tiga, panjang bilah sedang, memakai kembang kacang berjenggot, jalen, dan dua buah lambe gajah. Terdapat juga pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, dan sraweyan. Kadang, sogokan depan ada yang berukuran panjang, bahkan ada yang sampai setengah panjang bilah

Keris Luk 3 Jangkung Panoleh

Jangkung Panoleh merupakan keris luk tiga, dengan bangun badan keris terbalik, gandik ada di belakang dengan panjang hingga setengah bilah. Memakai gandik polos, dan dua buah kruwingan.

Keris Luk 3 Kebo Nabrang

Kebo Nabrang atau Mahesa Nabrang, merupakan dapur keris luk tiga, dengan ukuran bilah sedang, memakai kembang kacang, jalen dan dua lambe gajah, serta greneng. [Ada yang luk 15]

Keris Luk 3 Mahesa Nempuh

Kebo Nempuh atau Mahesa Nempuh, merupakan keris dapur luk tiga, dengan ukuran bilah sedang, gadik polos, memakai pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng lengkap.

Keris Luk 3 Kebo Soka

Kebo Soka atau Mahesa Soka, merupakan dapur luk tiga, ukuran bilah sedang, memakai kembang kacang berjenggot, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, sogokan rangkap, dan sraweyan. Sogokan rangkapnya sampai di atas setengah bilah atau bahkan sampai ke pucuk.

Keris Luk 3 Manglar Munga

Manglar Munga merupakan nama salah satu dapur luk tiga, dengan panjang bilah sedang. Gandik diukir dengan gajah bersayap berbadan naga dan badan ini meliuk di tengah bilah sampai ke atas, tapi ada pula yang badannya ‘menghilang’ di tengah bilah. Ricikan lainnya yaitu greneng dan tingil ri-pandan, meskipun ada yang tidak memakainya.

Keris Luk 3 Mayat

Mayat atau Mayot merupakan nama salah satu dapur luk tiga, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, serta ada juga yang memakai tambahan sogokan belakang dan greneng.

Keris Luk 3 Panji Waluring

Panji Waluring merupakan nama salah satu dapur luk tiga, memakai gandik polos, pejetan, sraweyan dan greneng.

Keris Luk 3 Pudhak Jangkung

Pudak Jangkung merupakan nama salah satu dapur luk tiga, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, tikel alis, sogokan rangkap, dan greneng yang terdapat ron dha nunut.

Keris Luk 3 Sembada

Sembada merupakan nama salah satu dapur luk tiga, memakai kembang kacang jenis pogog, jalen, lambe gajah, pejetan, tikel alis, sraweyan dan greneng.

Keris Luk 3 Singa Barong

Singa Barong merupakan nama keris luk tiga, dengan gandik diukir singa yang sedang duduk, serta ricikannya yang lain yaitu memakai tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng. Kadang ada yang memakai kruwingan. [Ada yang luk lain]

Keris Luk 3 Tebu Sauyun

Tebu Sauyun merupakan nama keris luk tiga, ukuran panjang bilah sedang, penempatan luk merata di sepanjang bilah. Gandik polos, memakai pejetan, sogokan rangkap dan sampai ujung bilah, sraweyan, dan greneng lengkap, serta kadang ada yang memakai gusen. [Ada yang luk lain]

Thanks for reading Nama Jenis dan Ciri-ciri Keris Jawa Luk 3 (Tiga).

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.