Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Monday, September 14, 2020

Jenis Kayu Terbaik untuk Warangka dan Landeyan


BEBERAPA JENIS KAYU TERBAIK SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN WARANGKA KERIS DAN LANDEYAN TOMBAK JAWA



Aren

Jenis kayu biasanya untuk tangkai tongkat landeyan tombak, karena cukup berat maka biasa dipakai prajurit berbadan cukup kuat.
 

Awar-Awar

Biasanya dipakai untuk rangka keris karena memiliki poleng hitam seperti kayu Timoho walau tidak seindah Timoho.
 

Cendana

Bahan untuk warangka yang banyak disukai terutama di daerah Surakarta dan sekitarnya. Pohonnya berkayu keras dengan tinggi bisa mencapai 15 meter. Kayu cendana dari Sumbawa terkenal harum baunya lebih dari cendana Jawa. Urat kayu atau motif pada cendana yang bagus yaitu ngulit urang dan doreng.

contoh gambar warangka keris setengah jadi
Gambar Warangka Keris Setengah Jadi

Lengis

Kayu ini biasanya digunakan sebagai tangkai tiang landeyan tombak. Kayu ini dengan olahan yang baik tidak mudah patah dan ringan serta akan tetap lurus.
 

Sono Keling

Sering disebut Angsana Keling. Jenis pohon kayu yang sering digunakan membuat warangka keris, jika sudah kering maka urat kayunya berwarna kehitaman, meskipun bukan jenis kayu terbaik tetapi banyak yang menggunakan karena cukup murah. Banyak juga yang membuat kotak keris dari kayu ini.
 

Sono Kembang

Biasa digunakan sebagai warangka keris atau tombak. Di beberapa daerah disebut Angsana Kembang, pohon ini banyak terdapat di Jawa bagian selatan. Jika sudah tua maka warna urat kayunya berwarna coklat tua dan hitam ber-kembang kembang. Nilainya tergantung indah tidaknya gambar kembang ini, jika bagus bisa menyamai nilai kayu Timoho.
 

Suren

Kayu yang biasanya digunakan penutup tombak, kayu ini lunak dan mudah dibentuk serta tidak menyebabkan aus bilah mata tombak.
 

Timoho

Kayu yang banyak disukai digunakan untuk warangka keris atau tutup tombak. Kayu Timoho oleh orang Bali disebut Purnama Sadha, sementara orang Lombok menyebutnya kayu Brura. Warna dasar umumnya coklat kopi susu ke abu-abuan. Sedangkan warna urat kayu yang tergolong motif coklat tua kehitaman. Motif dari urat kayunya mempunyai nama sendiri-sendiri dan dinamakan pellet.

[Baca Juga: Motif Pelet Tiban pada Warangka Kayu Timoho]
 

Trembalo

Bahan pembuatan warangka keris, dimana jenis Trembalo Aceh banyak dicari orang karena memiliki garis sejajar yang sangat indah. Trembalo Jawa oleh banya orang sering disebut juga sebagai kayu Ambon.
 

Walikukun

Biasa digunakan untuk gagang landeyan tombak. Bila menebang dengan benar maka kayu ini tidak mudah patah, tetap lurus dan cukup ringan.
 

Waru Gunung dan Waru Laut

Jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat tangkai tombak. Kayu ini banyak dipakai karena tergolong murah.

Thanks for reading Jenis Kayu Terbaik untuk Warangka dan Landeyan.

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.