Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Friday, August 7, 2020

Cara Cek dan Mengetahui Weton Kelahiran


Terdapat beberapa cara untuk mengetahui weton, cara cek weton ada beberapa cara, yaitu diantaranya dengan menanyakan ke orang tua, menggunakan metode tabel tanggal lahir, atau dengan menggunakan aplikasi.

MENANYAKAN WETON KEPADA ORANG TUA


Cara pertama untuk mengetahui weton kita adalah menanyakan kepada orang tua. Bagi masyarakat Jawa Tradisional, orang tua biasanya mengetahui atau menyimpan hari weton kelahiran anaknya. Hal ini dikarenakan bagi masyarakat Jawa masih menggunakan Ilmu Petung Neptu Weton dalam melakukan atau menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sakral. Oleh karena itu, tentunya orang tua pasti akan tahu hari pasaran weton anaknya; bahkan jika beruntung malah orang tua juga menyimpan juga Pancawara, Sadwara, bahkan Wuku anaknya.
 

MENGGUNAKAN TABEL PERHITUNGAN WETON


Bisa saja dalam mengetahui weton kita langsung bertanya ke orang tua, tapi itu akan memiliki kekurangan-kekurangan. Bisa jadi weton yang orang tua kita utarakan merupakan kekeliruan. Untuk mengetahui weton di hari kelahiran orang lain -- seperti bos, rekan kerja, tetangga, pacar, istri suami, pasangan, jodoh, dll -- tentu tidak mungkin kita bertanya ke orangnya langsung apalagi ke orang tuanya, itu bisa membuat curiga dan berpikir yang tidak-tidak. Jadi, hal itu bisa diatasi dengan cara mengetahui nama hari weton memakai tabel perhitungan sederhana atau dengan cara yang kedua ini.
 

1. Cek Hari Putaran Tujuh (Saptawara)


Kaping setunggal. Kita cek dulu hari putaran 7 dari tanggal lahir atau tanggal kalender apapun.

Berikut merupakan tabel-tabel tahun masehi dari mulai tahun 1900 M sampai tahun 2099 M, beserta dengan nilai atau kode angkanya, yang khusus digunakan untuk mengetahui hari putaran 7.

tabel menghitung nama hari weton dengan mudah
Tabel Nilai Tahun Masehi Hari Tujuh
Serta berikut ini merupakan nilai bulan yang juga digunakan untuk mengetahui hari putaran 7.
> Januari : 6 (jika tahun kabisat: 5), 
> Februari : 2 (jika tahun kabisat: 1),
> Maret : 2, April : 5, Mei : 0, Juni : 3, Juli : 5, Agustus : 1, September : 4, Oktober : 6, November : 2, dan Desember : 4.
 
Caranya yaitu dengan menjumlahkan nilai tanggal kelahiran dengan nilai bulan serta nilai tahun kelahiran yang ada pada tabel di atas. (Rumus: Nilai Tanggal + Nilai Bulan + Nilai Tahun = Jumlah)

Misalnya kita ingin mengetahui apa nama hari lahir pasangan atau jodoh kita yang lahir pada tanggal 17 Agustus 1990.

Maka, kita jumlahkan tanggalnya (17) ditambah dengan nilai angka bulan Agustus (1) dan tahun 1990 yang yaitu berangka 1. S
ehingga berjumlah 17 + 1 + 1 = 19.
 
Kemudian, selanjutnya lihat pada tabel di bawah ini berapa angka penjumlahan yang didapat, dan kita tarik garis ke kiri maka itulah hari lahir putaran 7 pasangan atau jodoh kita.

tabel menghitung nama hari weton dengan mudah
Tabel Hasil Hari Tujuh
Maka, dapat diketahui bahwa kelahiran pasangan atau jodoh kita jatuh pada hari Jumat.

Baca juga: Cek Sifat: Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu.

 

2. Cek Hari Pasaran (Putaran Lima)


Kaping kalih. Selanjutnya yaitu kita mengecek atau menghitung hari putaran 5 pada tanggal kelahiran.

Berikut merupakan tabel nilai pertemuan bulan dan tahun masehi, yang khusus digunakan untuk perhitungan weton hari pasaran.
 
tabel menghitung nama hari weton dengan mudah
Tabel Nilai Bulan dan Tahun Masehi Hari Lima
Contoh seperti di atas bahwa kita akan mengetahui hari pasaran yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1990.

Sama seperti di atas, hanya kita memakai tabel khusus pada sub bab ini. Kita menjumlahkan angka 17 dengan angka pertemuan bulan/tahun (1990 dan Agustus yaitu 2); sehingga diperoleh hasil 17 + 2 = 19.

tabel menghitung nama hari weton dengan mudah
Tabel Hasil Hari Lima
Selanjutnya kita cocokkan hasilnya dengan tabel sederhana berikut ini, setelah kita cek dengan menarik garia ke kiri maka kita dapatkan bahwa hari pasarannya yaitu Pahing.

Baca juga: Cek Sifat: Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing.
 
Dengan dua tahap berikut di atas maka kita dapat menyimpulkan bahwa tanggal 17 bulan 8 tahun 1990 M jatuh pada weton Jumat Pahing.

MENGGUNAKAN APLIKASI WETON INSTAN


Untuk mengetahui weton yang paling mudah yaitu dengan menggunkan aplikasi weton pada postingan ini. Caranya hanya dengan memasukan tanggal, bulan, dan angka tahun ke dalam kolom isian di bawah ini; serta jika sudah klik 'Cek Weton'. Maka secara instan dan singkat akan tampil hari weton tanggal tersebut.

*NB: Beberapa browser mungkin tidak mendukung untuk pengolahan data dengan aplikasi ini, silahkan menggunakan hitungan manual sederhana di atas.
 
Isi Nama dan Tanggal Bulan Tahun Lahir
Name
Tgl, Bln, Thn


Jika anda sebagai pembaca artikel ini ingin memberikan pertanyaan, tambahan, sanggahan, kritik, protes atau apa saja yang terkait isi artikel ini dapat langsung menuliskannya pada kolom posting komentar di bawah.

Thanks for reading Cara Cek dan Mengetahui Weton Kelahiran.

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.