Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Wednesday, January 22, 2020

Strategi Memainkan Gajah atau Kuda dalam Catur


Gajah dan Kuda merupakan perwira-perwira yang cukup penting dalam permaianan catur. Perwira-perwira tersebut akan lebih berbahaya jika digunakan pada waktu yang tepat. Oleh karena itu, anda harus tahu kapan menggunakan Gajah dan kapan menggunakan Kuda. Berikut merupakan tips-tips dalam menggunakan Gajah dan Kuda dalam permainan catur.
 

STRATEGI MEMAINKAN GAJAH CATUR


1. Membuat permainan menjadi terbuka. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan ruang gerak yang semaksimal mungkin bagi Gajah-Gajah kita. Kalo perlu berani berkorban 1 atau 2 pion, asalkan Gajah-Gajah ini tidak bisa ditukar oleh Kuda-Kuda lawan.

gambar jangkauan dalam menggunakan gajah pada catur
Jangkauan Gajah Catur
Ingat Gajah bisa menjangkau jauh ke daerah lawan, sedangkan Kuda hanya punya jangkauan pendek saja.

2. Membatasi ruang gerak Kuda-Kuda lawan. Dengan  kerja sama dengan majunya pion-pion ke daerah lawan dikawal Gajah-Gajah kita dapat menciptakan Pion Promosi atau setidaknya memperluas daerah jajahan.

3. Tidak menukar salah satu Gajah atau keduanya dengan Kuda lawan. Jangan pernah mau menukar Gajah kita dengan Kuda lawan kalo tidak terpaksa atau jika ada Transformasi membentuk Ending Menang.

4. Jika posisi tertutup, lebih baik menukar Gajah dengan Kuda. Hal ini bijaksana karena Kuda-Kuda bisa berbahaya pada posisi tertutup.

5. Kalo tidak ada perwira berat, jangan takut menggerakan Raja. Raja harus maju untuk ikut serta dalam pertempuran menuju akhir permainan, jika lawan tidak punya Menteri atau perwira yang dapat men-skak mat raja.

6. Ciptakan pion-pion bebas terjaga. Gajah dapat melindungi pion-pion bebas untuk segera promosi.

7. Cegah lawan membuat pion-pion bebas yang berbahaya. Kalo ada pion lawan yang bebas, sebaiknya segera dibunuh atau setidaknya dihalangi dengan Gajah agar tidak sampai ke petak promosi.


[Baca Juga: Tips Langkah Terbaik dalam Permainan Catur]

8. Posisi pion-pion pada kedua saya menguntungkan pemilik pasangan Gajah. Bila pada permainan akhir anda mempunyai sepasang Gajah, usahakan pion-pion pada kedua sayap maju dalam lindungan sepasang Gajah.
 

STRATEGI MEMAINKAN KUDA CATUR


1. Buat permainan menjadi tertutup. Dengan cara memblokade pion lawan dengan pion kita. Dalam posisi tertutup pasangan Kuda bisa lebih kuat daripada pasangan Gajah. Ingat bahwa Kuda bisa meloncati bidak lain sedangkan Gajah tidak bisa.

2. Dalam posisi terbuka, sedapat mungkin tukar Kuda-Kuda ini dengan Gajah-Gajah lawan, asalkan Ending jangan kalah.

gambar jangkauan dalam menggunakan kuda pada catur
Jangkauan Kuda Catur
3. Tukar Kuda pada saat yang tepat menuju Ending Menang atau setidaknya Seimbang.

4. Dua Kuda tidak bisa membunuh Raja lawan. Untuk itu, bagi specialist Kuda jika ingin menang jangan sampai mau menukar semua pion dengan semua pion lawan.

5. Kuda-kuda lebih senang menangani Ending dengan pion-pion pada satu sayap saja. Oleh karenanya, bagi pemegang 2 buah Kuda dalam menuju fase permainan akhir, tempatkan pion-pion pada satu sayap.

6. Ciptakan bidak-bidak bebas yang berbahaya dengan dilindungi dengan 2 Kuda + Raja.

7. Cegah lawan menciptakan pion bebas yang membahayakan.

8. Jika lawan masih punya Menteri, Kuda-Kuda sangat berbahaya jika langsung menyerang ke arah Raja lawan. Karena akan terbentuk posisi-posisi yang tak terduga yang menguntungkan untuk buah Kuda.

9. Usahakan melakukan taktik serangan pada satu sektor saja, dan hindari berkonflik dengan banyak sektor di kedua sayap, karena kuda berkaki pendek akan kalah tempo.

Thanks for reading Strategi Memainkan Gajah atau Kuda dalam Catur.

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.