Netraning Trisula Kusumaning Sudira

Saturday, January 4, 2020

Aturan dan Gerakan Dasar dalam Permainan Catur


PENGATURAN DASAR CATUR


Oleh Lembaran Terlipat. Permainan catur dilaksanakan pada papan persigi yang terdiri dari 8 lajur (A-H) dan 8 baris (1-8) petak/kotak berwarna hitam dan kotak putih (gelap dan terang) secara berselang seling, dimana petak A1 & H8 (sudut kiri bawah & sudut kanan atas) berwarna hitam (gelap). Permainan akan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang ditempatkan secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu Buah hanya dapat menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan terdapat 8 Pion (baris 2 dan 7); diikuti masing-masing dua Benteng (di petak A1, H1 & A8, H8), dua Kuda (di petak B1, G1 & B8, G8), dua Gajah (di petak C1, F1 & C8, F8), satu Ster (D1 & D8), serta satu Raja (dimana Raja Putih menempati petak hitam dan sebaliknya).

GERAKAN DASAR BERMAIN CATUR


Sebelum pertandingan, pecatur harus memilih warna buah yang akan dimainkannya. Pemegang buah putih harus memulai langkah pertama, dan selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Setiap langkah hanya boleh menggerakkan satu bidak saja (kecuali untuk rokade (lukir) dimana ada dua bidak yang digerakkan (Raja dan Benteng)).

dasar letak posisi bidak bermain catur
Dasar Bermain Catur
Bidak dilangkahkan ke petak kosong atau yang dihuni oleh bidak lawan, yang berarti menangkapnya dan mengeluarkan bidak lawan dari papan catur. Kecuali untuk gerakan en passant.
 
[Baca Juga: Gerakan Catur: Rokade, Promosi, dan En Passant]
 
Setiap tipe bidak memiliki gerakan yang berbeda dan unik sebagai berikut:
>> Raja (K) dapat bergerak satu petak ke segala arah. Raja juga memiliki gerakan khusus yang disebut rokade (lukir) yang mengikut sertakan sebuah Benteng.
>> Benteng (R) dapat bergerak sepanjang petak horizontal maupun vertikal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain. Benteng terlibat dalam gerakan rokade (lukir).
>> Gajah (B) dapat bergerak sepanjang petak secara diagonal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain.
>> Menteri (Ster) (Q) memiliki gerakan kombinasi dari Benteng dan Gajah, Ster juga tidak bisa melompati bidak lain.
>> Kuda (N) memiliki gerakan mirip huruf L, yaitu memanjang dua petak dan melebar satu petak. Kuda adalah satu-satunya bidak yang dapat melompati bidak-bidak lain.
>> Pion (P) dapat bergerak maju (ke arah lawan) satu petak ke petak yang tidak ditempati. Setiap Pion pada gerakan awal, pion dapat bergerak maju dua petak. Pion dapat menangkap bidak lawan secara diagonal, apabila bidak lawan tersebut berada satu petak di diagonal depannya. Pion memiliki dua gerakah khusus, yaitu gerakan memukul en passant dan promosi.
 

ATURAN FIDE (Fédération Internationale Des Échecs)


1. Bermain catur dengan Sportif dan tidak menggangu konsentrasi lawan yang berpikir. Berjiwa Atlet dengan selalu berpedoman pada semboyan Gens Una Sumus (Kita Satu Keluarga).
2. Melangkah secara bergantian. Yaitu Pemain Buah Putih melangkah dahulu diikuti Pemain Buah Hitam.
3. Buah yang sudah dipegang harus dijalankan. Kecuali Buah tersebut tidak mungkin untuk dijalankan.
4. Langkah akan dinyatakan selesai jika tangan telah melepaskan Buah yang dipegang.
5. Buah yang dipegang jika menyentuh Buah lawan; harus diadakan Penangkapan, kecuali Buah tersebut tidak mungkin untuk ditangkap.
6. Rokade Panjang dan Rokade Pendek. Raja harus dipegang terlebih dahulu, dengan beberapa ketentuan.
7. Lawan salah melangkah sehingga Raja dalam keadaan terancam (Open), langkah tersebut harus diulang langkah lain.
8. Pion yang melangkah dua langkah dan sejajar dengan Pion lawan (en passant), terserah Pemain lawan ingin memukul atau tidak.
9. Pion yang sampai ke petak akhir harus diganti, terserah Pemain yang bersangkutan.
10. Skak atau Ster, boleh bilang boleh tidak.
11. Raja lawan akan dinyatakan Mat; Jika: Lawan menyerah, Raja lawan Mat, Waktu Pikir sudah habis.
12. Pertandingan dinyatakan Remis (Draw); Jika terjadi: Persetujuan kedua Pihak, Skak Abadi 3 kali berturut-turut, Bangunan Sama 3 kali berturut-turut, Tidak terjadi pemukulan selama 40 langkah berturut-turut.

Thanks for reading Aturan dan Gerakan Dasar dalam Permainan Catur.

0 Komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan artikel tersebut.